Selasa, 06 November 2012

Sepakbola Sebagai Bagian dari Gaya Hidup

Permainan sepakbola dengan nilai-nilai universal yang ada di dalamnya mampu menyedot daya tarik masing-masing orang di seluruh permukaan bumi ini sehingga hampir semua orang pernah memainkan permainan ini, apakah itu untuk prestasi atau permainan yang bertujuan memperoleh ke bugaran tubuh.

Sepak bola mempunyai banyak tujuan selain untuk prestasi dan kebugaran, tujuan lain untuk sosialisasi, persahabatan dan juga mengurangi rasa jenuh atau stres.

Olahraga ini menjadi bagian dari gaya hidup yang ikut memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perkembangan suatu masyarakat karena dengan aktif dalam permainan seperti ini masyarakat akan mendapatkan nilai-nilai positif yang ada, seperti bekerjasama dengan teman-teman dalam satu tim, mengenal tim lain yang artinya mengenal orang-orang baru, menambah kebugaran tubuh dan meningkatkan keterampilan sosial, emosional dan mental, prestise dan prestasi serta hiburan suatu masyarakat.

Jika menyusuri dari ujung barat Indonesia sampai ujung timur sudah dapat dipastikan banyak masyarakat bermain permainan ini dibuktikan dengan adanya banyak lapangan sepakbola apakah itu berstandar internasional atau tidak. Tentunya, dengan banyaknya lapangan tersebut, mengindikasikan bahwa olahraga sepakbola sudah merata dikenal dan dimainkan oleh masyarakat.

Sering dijumpai di tengah-tengah kota besar yang minim lahan untuk bermain sepak bola tidak menyurutkan mereka bermain. Alternatifnya taman-taman kota dijadikan tempat untuk bermain sepak bola walaupun bisa dikatakan itu salah. Tetapi itulah sepak bola tidak kenal tempat dan waktu karena jalan raya pun bisa dijadikan lapangan sepak bola oleh anak-anak.

Bagaimanapun juga permainan sepakbola tidak hanya sebagai gaya hidup, sepakbola juga menjadi bagian dari hiburan (sportainment) untuk anak-anak, orang dewasa dan masyarakat sehingga tercipta kebersamaan dan keceriaan.

Banyak ditemui anak-anak sampai dewasa bahkan satu keluarga menikmati akhir pekan mereka dengan bermain sepak bola bersama atau menonton sepak bola ke suatu stadion. Bahkan mulai muncul geliat nonton sepak bareng di lapangan dengan menggunakan layar lebar bersama-sama, mulai dari tengah malam sampai pagi hari.

Gaya hidup sehat, aktif berolahraga, merupakan investasi dan ciri khas masyarakat yang sehat serta produktif. Sepakbola benar-benar media yang sangat bagus karena dengan cara seperti itu akan tumbuh sumber daya manusia yang sehat dan berdisiplin serta sportif dalam bertindak dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar